Jumat, 03 Oktober 2014

Key Shutter Mendadak Macet. Diperlancar Aja Bro Pakai Kikir

 
Pasti kesel juga waktu lagi terburu-buru, eh, motor yang mau digas bikin masalah. Seperti yang terjadi pada Honda Supra X 125 PGM-Fi lansiran 2006 besutan M. Alfi. “Waktu dipakai kerja, maksud hati pingin motor aman de-ngan mengaktifkan secure key shutter-nya (SKS). Eh, ketika motor mau dibawa lagi, SKS-nya nggak bisa dibuka,” tutur warga Bekasi, Jawa Barat.

Karena bingung, Alfi coba kontak bengkel AHASS langganannya di daerah Bekasi. “Wah, SKS macet itu bisa jadi karena magnet kombinasi yang ditanam pada anak kunci (di pegangan plastiknya, red), terdorong lapisan besi rumah SKS.
Mungkin dorongnya terlalu kuat tuh saat mengaktifkannya. Soalnya, makin tua usia pemakaian, bahan plastik pada anak kunci jadi rapuh. Akibatnya, magnetnya gampang mendem,” analisa Ucok, kepala bengkel AHASS Tunas Dwipa Matra di Jl. Caman Raya, Bekasi. Trus, gimana dong solusinya?

“Gampang! Coba tipisin saja pantat kunci yang ada magnetnya pakai kikir. Jangan banyak-banyak, cukup 1 mm saja. Kalo kebanyakan, magnetnya bisa copot,” saran Ucok. Eh, benar saja. Ketika langkah itu dilakukan, SKS Supra X 125 miliknya langsung bisa dibuka. (www.motorplus-online.com)