Bro sekalian . . . Honda global telah melepas release bahwa mereka telah membuat sebuah mesin skutik 125 cc yang mereka Klaim lebih durable (tahan lama), nggak berisik, dan lebih hemat bahan bakar !! Dan mesin ini akan menjadi mesin standart Global untuk skutik 125 cc Honda . . . seperti uga mesin 110 cc yang nempel di motor motor skuik hondalainnya. Lho Kan udah punya mesin PCX 125? Yang ini jadi apa dong?...
Kayaknya gini bro . . . mesin nya PCX 125 itu tidak didaulat menjadi mesin yang digadang gdanagkan untuk motor yang dijual dnegan jumlah produk yang buanyaaaaak, karena . . . disinyaklir memang harga / ongkos produksinya tinggi sehingga, untuk ngerek ke posisi entri level-mid level agak susah . . . makanya Honda Buat solusi lain . . . pengen mesin bertenaga seperti PCX dan berbasis PCX 125 tapi masih tetep murah dan terjangkau . . . nah itulah yang disinyalir merupakan visi Mesin ini, cmiiw
Mesin ini akan jadi basis motor skutik Honda di 2012 nanti . . . disinyalir kuat iyah bro . . . Honda jepang sendiri bilang ” This new engine will be mounted on a variety of 125cc scooters to be sold in many countries around the world and is planned for global rollout starting from 2012 ” Nahh . . . beberapa bulan yang lalu tmcblog sempet denget sesuatu dari Informan bahwa honda sedang bmengembangkan skutik 125 cc entah lah nanti bentuk nya seperti apa . . .namun sepertinya ini jawabannya
Apa aja Yang menjadi Update Mesin Skutik ini :
* Pengurangan gesekan antara silinder dan Piston dengan model Offset cylinder.
* Penurunan Bobot Piston
*Permukaan silinder tipe ” spiny sleeve” (seperti kulit jeruk) Untuk mempercepat penyaluran panas . . . ini mendukung proses pendinginan mesin yang cepat
*bearing rocker arm shaft berbentuk cangkang kerang untuk mengurangi gesekan
* Roller yang lebih kecil dan lebih ringan
* peningkatan efesiensi radiator menjadi 1,5 kali lebih efesien dibanding radiator tipe lama (seperti yang dipake di Vario, cmiiw) sehingga menyebabkan pendingin cukup menggunakan fan yang lebih kecil dan ringan
* membutuhkan vlume Oli transmisi yang lebih sedikit dibanding mesin 125 cc honda sekarang (PCX 125)
* Penggunaan bearing pada tiga sumbu transmisi yang bisa mengurangi gesekan 20% saat motor dijalankan 50 km/jam
* Mengunakan ACG Starter . . . woooow . . . berarti memang harus Injeksi nih skutik . .. Penggunakan ACG Starter sangat Klop untuk fitur Idle stop yang menurut tmcblog sangat kereen . . .mesin mati sendiri tanpa dimatikan untuk menghemat bahan bakan dan nyala sendiri dengan sedikit membetot gas . . . hmmm
silahkan dikunyah kunyah . . . lalu untjk selanjutnya yang penting adalah . . . ditunggu penampakan Kode NC12 nya di TPT . . . bukan begitu bro? . . . semoga Berguna