Jumat, 31 Mei 2013

Honda Vario Techno 125 PGM-Fi 2013, Akan Pakai Teknologi ISS







ManiakMotor - Canggih dengan teknologi Idling Stop System (ISS). Wah apa itu? Bahasa sederhananya teknologi yang satu visi dengan injeksi dan misinya irit, karena mesin bekerja efisien. Keduanyanya saling terintegrasi untuk mamatikan mesin di saat tak berguna.

Isu ISS ini yang paling santer akan ditancap pada Honda Vario Techno 125 PGM-Fi 2013. Katanya sih akan segera dirilis PT. Astra Honda Motor (AHM). Berarti prosesi launchingnya sedang dipersiapkan. Karena jawaban seluruh personil AHM di Sunter, Jakarta Utara, sama semua tuh. “Tunggu saja Mas,” kompak mereka dengan suara ala penyanyi, ada suara satu, 2 dan 3 sampai tak bersuara pun ada.

Sebenarnya ISS telah mematihidupkan engine Honda PCX 150, itu lho, matik mewah yang harganya Rp 35 juta. Juga telah terpasang pada Honda SH yang dijual di Vietnam atau Honda Click 125i (Vario Thailand). Teknologi ini akan mematikan mesin jika kelamaan stasioner di rpm paling bawah saat gas tidak diputar. Ya namanya juga idling, brosist. Ia secara otomatis akan membaca idle yang kelamaan. Misalnya dalam tiga menit terjebak macet, mesin akan mati tiba-tiba.

Dan apa yang terjadi sodara-sodara? Cerrr.., eh hidup lagi tuh. Bukan sulap bukan sihir, tidak perlu pencet tombol starter apalagi putar kunci kontak segala, tapi cukup putar selongsong gas. Asal sekelar ISS dibikin on, maka sistem elektronik ISS akan aktif. ISS selain mengiritkan bahan bakar yang lebih boros di putaran bawah, juga mencegah jam terbang mesin yang sia-sia saat berhenti pada kemacetan.

Bicara perubahan bodi, bisa saja hanya bermain fitur dan striping seperti Honda Spacy 2013. Kan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Honda, agar tak bosan dengan cat yang itu-itu saja. Soal harga, ditaksir dan boleh taruhan, kira-kira lebih mahal 1 juta dari versi lama yang dibanderol Rp 15.100.000.

Spesifikasi Honda Vario Techno 125 PGM-Fi Lama

* Panjang X lebar X tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm
* Jarak Sumbu Roda : 1.281 mm
* Jarak terendah ke tanah : 128 mm
* Berat kosong : 112 kg
* Tipe rangka : Tulang punggung
* Tipe suspensi depan : Teleskopik
* Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
* Ukuran ban depan : 80/90 � 14 M/C 40P
* Ukuran ban belakang : 90/90 � 14 M/C 46P
* Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
* Rem belakang : Tromol
* Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter
* Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
* Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
* Volume langkah : 124,8 cc
* Perbandingan Kompresi : 11,0 : 1
* Daya Maksimum : 11.3 PS / 8.500 rpm
* Torsi Maksimum : 1.1 kgf.m / 5.000 rpm
* Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
* Kopling Otomatis : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
* Gigi Transmsi : Otomatis, V-Matic
* Pola Pengoperan Gigi : -
* Starter : Pedal dan Elektrik
* Aki : 12 V � 5 A.h (tipe MF)
* Busi : ND U22EPR-9, NGK CPR7EA-9
* Sistem Pengapian : Full Transisterize, Baterai