Kamis, 22 November 2012

Mencegah Karatan Pada Motor dengan cat kuku

Cat kuku tak hanya bikin cantik sekaligus melindungi kuku. Tapi, bisa juga digunakan untuk melindungi motor sobat dari serangan karat. Khususnya karat pada derat mur dan baut. Kok bisa? Baca paragraf berikutnya. Sobat mungkin pernah mengalami kejadian yang bikin hati dongkol saat membuka mur di motor. Karena terlalu lama tidak dijamah, mur jadi susah dibuka. Saat dipaksa, kunci pas maupun ring pun kadang rusak. Paling parah, baut jadi patah.
Sebagian besar, penyebabnya, adalah karat yang berada di dalam mur. Karat ini berasal dari air yang menyusup melalui derat baut dan terperangkap di mur. Bisa karena motor kehujanan, atau karena motor yang rajin dicuci. Karena air itu terperangkap di dalam mur yang berbahan besi, lama-kelamaan teroksidasi dengan udara. Jadilah karat. Karat ini membuat mur dan baut makin menempel dan susah dilepas.
Nah, biar mur baut gampang dilepas, caranya dengan mencegah terjadinya karat di dalam mur. Gampang kok, cukup dengan cat kuku. “Sudah teruji di motorku. Buka mur jadi lebih mudah,” ujar Abdurrohman, mekanik asli Gresik, Jawa Timur ini. Cara pakainya, kuaskan cat kuku pada bibir mur setelah terpasang pada baut. Biarkan hingga mengering. Ulangi bila perlu sampai menutup celah yang bakal dilalui air.